Pages

Wednesday, March 25, 2009

Cara ngecek Posisi blog di SE pada keyword tertentu

Apakah kamu pernah melakukan hal seperti ini; Kamu buka Google, kemudian kamu ketikkan suatu keyword tertentu, setelah muncul results-nya, kemudian kamu pelototi satu persatu dan halaman demi halaman hanya untuk mengetahui blog atau website kamu berada di posisi keberapa? Kalo jawabannya IYA, berarti sama dengan SAYA. Tapi setelah saya kenal tool yang bisa mengatasi masalah tersebut dengan mudah, praktis, dan gratis, saya tidak pernah melakukan hal seperti itu lagi.


Memang sih sebagai publisher, saya pribadi suangat bangga kalo ada trafik yang berasal dari search engine, kayaknya gimana gitu... Tapi sampe saat ini trafik di blog ini yang berasal dari search engine (google khususnya), selalu berasal dari keyword yang sama sekali tidak kurencanakan. Kok jadi ngelantur sih, kan tadinya mau share tool? iya ya... kok jadi error gini sih otakku? apa karena akhir2 ini jarang banget ngedapetin job review itu ya?

Jadi menurutku tool ini sangat berguna, apalagi saat ini sedang diadakan kontes Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009. Jadi kamu bisa memanfaatkan tool ini untuk ngecek domain kamu berada pada posisi berapa, tanpa harus bolak-balik bukain result page-nya google. 

Caranya pun guampang banget, kamu tinggal ketik domain blog atau website-mu (tanpa 'http://'dan tanpa 'www') pada 'your domain' dan ketikkan juga keyword-nya pada 'keywords to search', pada'search on' dan 'limit search to' diabaikan aja karena tidak ada pilihan lain, trus klik tombol 'check'. Kelemahan tool ini adalah hanya untuk Google Search Engine aja, dan batas pencarian adalah sampai posisi ke-100 aja, jadi kalo domain kamu berada di atas 100, akan ada warning berupa 'positions not found'


Oke, ini nih toolnya, langsung dicobain untuk ngecek kontes Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 ya, n kalo domain kamu berada di posisi 10 besar, siap2 belanja untuk selamatan 7 hari 7 malam, dan jangan lupa undang aku ya...





Your domain:



(contoh: firanza.blogspot.com)

 
Search on:

 
Limit search to:

Keywords to search:
 


 

Powered by iWEBTOOL




Sunday, March 22, 2009

Cara Daftar Sitemap pengguna Blogger

Apakah blog kamu sudah didaftarkan ke google? kalo belom bisa daftar kesini (link resminya google loh). Apakah sudah kamu verify? pasti kebanyakan sudah ya, Kalo belom kebangetan. Apakah sudah kamu tambahi sitemap dan mendaftarkannya? mungkin ini banyak yang belom ya... (kok dikira2 sendiri sih? adain survey donk). Bagi pengguna WP mungkin mudah, karena sudah ada plugin sitemap, tinggal diinstall n diaktifin terus didaftarin ke google. Tapi bagi pengguna blogger atau blogspot gimana?

Sebenernya mudah kok, kita bisa manfaatin feed sebagai sitemap (maksudnya?), ya pokoknya kita manfaatin feed sebagai sitemap untuk blog yang powered by blogger. Untungnya blogger itu punya feed bawaan dari orok yaitu Atom, kalo mau pake RSS kamu bisa daftarin di feedburner (maaf, ini penjelasannya blogger nubie lho. Maaf kalo salah).

Langsung aja ya... siapin garem, lombok, bawang putih (emangnya mau bikin sambel korek) ketauan deh kalo dulu pernah jadi anak kos yang kalo gak ada makanan bikin sambel gituan plus nasi putih aja (haa... mana gizinya..) kok malah ngelantur sih?? serius.. serius.

Intinya nih, sitemap untuk blogger yang nanti ditambahkan pada Google webmaster tools ada dua pilihan, yaitu:
  • atom.xml?redirect=false
  • feeds/posts/default?orderby=updated

Kamu boleh masukkan salah satu, atau bahkan dua-duanya. Gampang banget bukan?? Jadi gak ada alasan bagi pengguna blogspot untuk menambahkan sitemap blog kamu. Perlu diketahui lho kalo pengindeks-an google pada blog yang ada sitemap-nya hampir seratus kali lebih cepat dibandingkan blog yang tanpa sitemap (ini kata ahli SEO lho...)

Selamat mendaftarkan sitemap blog kamu pada Google Webmaster Tools 

Saturday, March 21, 2009

Asyiknya berkomentar di blog ini

Apakah kamu sering blogwalking? Apakah kamu selalu berkomentar di blog yang kamu hampiri tersebut? (dijawab dalam hati aja ya...). Sebenernya ada segudang keuntungan yang bisa kamu dapetin dengan berkomentar di blog lain. Apalagi blog tersebut berPageRank tinggi, berstatus dofollow pula. Karena menurut cerita kakek dan nenek, berkomentar atau meninggalkan link di blog berPageRank yang berstatus dofollow merupakan salah satu cara meningkatkan PageRank blog kita (gaul banget kan kakek dan nenekku?), tapi tentu saja cara tersebut masih klise. Karena Google PageRank tetaplah misteri, gak ada yang tau pasti kriteria penilaian Google seperti apa.

Saya tidak akan membahas tentang Google PageRank disini, tetapi lebih asyik lagi, karena aku akan ngasih keuntungan dan fasilitas apa Yang akan kamu dapet kalo kamu berkomentar di blog ini:

Jika kamu berkomentar di blog ini ;
  1. Blog kamu akan saya kunjungi balik dan akan saya komentari balik (dijamin), karena blog yang saya prioritaskan untuk saya kunjungi adalah yang berkomentar di blog ini, dan meninggalkan link blognya.
  2. Semakin banyak anda berkomentar, link kamu akan berada di jajaran top commentators yang widgetnya aku pasang  di bawah, link-nya aku dofollow-kan, sehingga bisa menjadi one way link bagi blogmu, yang konon bisa meningkatkan PageRank blog kamu.
  3. Top commentators tersebutlah yang selama ini rutin saya kunjungi, jadi perbanyaklah komentar kamu untuk mendapatkan satu trafik dari saya, hehe...
  4. Saat ini kan lagi ada kontes Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009, jadi kamu bisa manfaatin dengan berkomentar di blog saya lho... 
  5. Apalagi ya... kok jadi blank gini. Yang jelas buanyak keuntungan kok bila kamu ngasih komentar di blog ini.
Sebagai catatan aja, saya sangat tidak suka kepada blogger yang ngasih komentar asal-asalan apalagi nyepam. Biasanya blogger yang tidak tau etika seperti ini saya blacklist secara pribadi, dan tidak akan pernah saya kunjungi sampai kapanpun. (kejam banget ya...)

Selamat berkomentar ya... 

Wednesday, March 18, 2009

Berapa Berat dan Loading Time Blog kamu???

Blogku ini baru aja aku oprek abis-abisan. Semua banner, widget, dan gambar yang gak penting aku bumi hanguskan semua. Template juga aku ganti dengan yang lebih simpel dan elegan (masak sih..?), karena template yang kemaren desainnya banyak yang ngambil dari hosting pihak ketiga, mungkin ini yang bikin loading time blogku lama banget. Dan setelah aku cek di website speed test, ternyata size blogku 185 KB, pantesan...

Kemaren, aku ngunjungi blog milik seorang blogger yang cukup terkenal, dan karena loading nya luama banget, aku gak jadi buka tuh blog. Mungkin pengalaman ku ini pernah kamu alami, jadi kalo size blog kamu gemuk, pengunjung akan pikir dua kali untuk buka blog kamu.


Gimana caranya untuk ngecek size dan loading time blog kita? Di bagian akhir postingan ini telah saya sediakan toolnya, silahkan ketik URL blog kamu, atau bandingin dengan blog temen kamu, pisahin dengan Enter (maksimal 5 domain ya…)

Aku udah ngecek size blogku yang sekarang yang aku bandingin dengan beberapa blog punya para master yang pengunjungnya sangat ramai, seperti: cosaaranda.com, kombor.com, secundaputri.com, n blogguebo.com (arek suroboyo lho…), dan hasilnya…

(klik pada gambar untuk memperbesar)


Disitu dapat kita lihat, kalo blognya para master tuh size-nya iriiit banget, blognya cosa malah Cuma 15an KB, gila bener… Dari sini dapet kita simpulkan kalo size blog sangat-sangat mempengaruhi jumlah pengunjung lho… Mudah-mudahan abis ini jumlah pengunjung blog saya meningkat ya… Aaamiin. Eit lupa, ini nih toolnya…




Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)


 


(eg. iwebtool.com)

 
 


 

Powered by iWEBTOOL