Pages

Monday, January 26, 2009

6 Tema Blog yang disukai pengunjung

Blog saat ini sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat muda Indonesia. Ini diketahui dari suatu lembaga survey di Indonesia yang menyebutkan bahwa telah ada 1 juta blogger di Indonesia (Ini mungkin termasuk dummy blog alias blog sampah ya…). Karena blog menyajikan banyak sekali keuntungan dan kemudahan disbanding website (sebenernya blog juga website, bedanya blog punya cirri dan karakteristik tersendiri). Menurut analisa dan eksperimen beberapa blogger master, situs-situs pencari seperti google, yahoo, MSN, dll. Juga lebih menyukai blog daripada website

Membuat blog memang mudah, tidak sampai 5 menit, blog pasti sudah jadi (gratis lagi…), yang susah itu mencari tema, dan berupaya untuk tidak kehabisan ide dengan tema tersebut. Agar blog bisa ‘bernapas’  lama kita harus mencari tema yang sesuai dengan keahlian, hobby, dan kesenangan kita. Yang jelas kita menguasai banget dengan tema tersebut.

Namun hal-hal tersebut juga harus diimbangi dengan pasar (kayak bisnis gede aja), maksudnya kira-kira ada gak yang tertarik dan menyukai tema yang kita tentukan tersebut (calon visitor)

Ketika saya lagi googling, saya menemukan suatu analisa oleh seorang ahli (maaf, saya tidak sempet mencatat namanya, jadi lupa dech…) yang menyatakan ada 6 tema blog/ website yang paling disukai pengunjung, yaitu
1.Cara menghasilkan uang lebih banyak dan lebih cepat
2.Segala sesuatu yang berhubungan dengan cinta dan kasih saying
3.Berbagai informasi, tips, dan trik mengenai kecantikan
4.Informasi tentang Olahraga (terutama sepakbola) dan hobby
5.Ilmu pengembangan diri
6.Teknologi terbaru dan tercanggih.

Dan tampaknya analisa tersebut bisa jadi sangat sesuai dengan keadaan saat ini, dimana para pengunjung sangat menyukai blog-blog mengenai ‘cari duit di internet’ atau ‘make money blogging’. Semoga analisa tersebut bias menjadi referensi yang membantu bagi calon blogger, ataupun blogger yang mau buat blog baru lagi.

Sunday, January 25, 2009

The Amazing Secret of Advertise on Blog

In the Internet business, the visitor's traffic was vital. Without the traffic, then Website that be our business land, definitely will be die. There were plenty of methods for importing the traffic, that is with SEO and installed the advertisement. So, that advertiser do not want the loss, then I suggested to advertise on blog. Why? We know that Search Engine really like blog than Website, because blog had the unique characteristics that were not owned by Website.


There were Plenty of techniques to installed the advertisement on blog, like put the link, banner, etc. However according to me the most effective technique and proven caused the popularity link, was review technique. The procedure: advertiser was looked for the review broker that connected between advertiser and publisher, afterwards advertiser looked for blog on list that was wanted, afterwards advertiser told to the owner of that blog this to have reviewing website and business, and have already including URL link, or if advertiser want, the picture or banner could be included. So, one time fishing got three fishes. hehe..



There were Plenty of review broker in the Internet that could be relied on. But according to my experience that has explored Internet details, I recommended payingpost.com. Because in here, list blog publisher has been grouped to several groups with the certain specification, it's facilitating advertiser to choose. For publisher, if we clicked the open opportunity menu, then we could find list of advertisers that in accordance with our wish. So why must be waiting for anything else?? join with payingpost.com immediately...

Tuesday, January 20, 2009

Gambar Caleg nampang di Blog Kita. Gimana Menurutmu??

Di postingan kali ini aku mau minta pendapat kamu. Gini nih... sebentar lagi di negara kita tercinta ini kan bakalan diadakan Pemilu, baik itu Pemilu legislatif maupun Pemilihan Presiden (kata para pejabat sono sih itu Pesta Rakyat). Nah.. dengan adanya kebijakan terbaru dari MK (Mahkamah Konstitusi maksudnya) mengenai pencoblosan (sekarang dah ganti pencentangan) Calon legislatif secara langsung, tanpa mempedulikan nomor urut, maka para Calon Legislatif (caleg) tersebut beramai-ramai mencitrakan dan mengiklankan dirinya melalui berbagai media, seperti TV, radio, baliho, poster, kaos, bahkan yang terbaru nih.. di kaca belakang angkot... gile bener.

Makanya, kalo saya lagi jalan-jalan, kadang ngerasa risi dengan begitu banyaknya iklan caleg di pinggir-pinggir jalan, selain gak beraturan, penempatannya juga seenaknya sendiri, masak pohon pun juga jadi sasaran.

Nah temen-temen, sebagai blogger yang penuh dengan netralitas. Menurut kamu boleh nggak kalo seandainya ada salah satu caleg yang pengen beriklan di blog kita? Ini bukannya saya lagi dapet order dari salah satu caleg sama sekali bukan. Tapi kalo menurut kamu itu sah-sah aja, bukankah hal itu bisa kita jadikan sebagai lahan mendulang uang juga?? (misalnya ngajuin proposal penawaran ke caleg) Tapi kalo menurut kamu hal itu merusak citra blogger Indonesia ya saya sih manut aja... Gimana menurut kamu???

Saturday, January 17, 2009

Mencari Nafkah Sebagai Blogger, Mauuu..?

"Pren, tlg crkan krj donk,aq dh kluar krj skr,lg nganggur. tlg ya.." Begitulah bunyi sms dari temenku pada waktu aku lagi ngadepin tugas kantor. Aku sempat merenung sejenak (sok seniman banget..), aku berpikir mungkin temenku ini hanyalah satu dari sekian ribu orang yang dikeluarin, dipecat, di-PHK, dirumahkan, dan sebagainya.


Dengan sedih (karena gak bisa bantu dia) kucoba bales sms temenku tadi "sori pren blm ada,smua perush lg pailit imbas krisis global. ntar klo ada sgr kukabari". Setelah itu, dia telpon nanyain kalo gak ada lowongan kerja, apakah ada ide peluang usaha yang bisa digarap, aku berpikir sejenak. Karena aku gak punya temen wirausaha maka kujawab sekenanya aja ;"ada pren, jadi BLOGGER.



Dan dari sini terlibat pembicaraan serius dengan temenku tadi. Hampir setengah jam (pulsanya dia, biarin aja, hehe...)aku ngejelasin ke dia macem-macem peluang mendapatkan uang dari kegiatan blogging, tak lupa juga kusisipkan kata bahwa kita berhasil seandainya tekun, serius, fokus, gak gampang menyerah,ulet, dan sebangsanya.


Dan setelah kujelasin panjang lebar, ternyata temenku tadi gak begitu saja percaya. Mungkin pikirnya aneh banget kalo internetan bisa nghasilkan duit, siapa yang mau bayar?? Kemudian dia tanya, apakah aku pernah dapet duit dari kegiatan blogging tersebut. Aku bingung jawabnya, udah ngejelasin panjang lebar (sok master blogger gitu...) kok gak ada hasilnya, maka kujawab terus terang aja "sudah sih, tapi masih belum bisa dicairkan karena belum nyampek $100" (karena memang aku punya acc di adsense, walaupun gak banyak, dan masih belum 100 dolar). Mungkin karena belum ada bukti tersebut, temenku jadi ragu. Akhirnya sambungan telepon tersebut kami akhiri


Aku berpikir lagi, ternyata dari sekian banyak anak muda yang sudah menjadikan blogging sebagai lahan pendulang uang, masih ada lebih banyak lagi anak muda yang tidak tahu kalau internet bisa dijadikan lahan mencari nafkah. FFuuhhh. aku menarik napas panjang, aku gak bisa menolong dan meyakinkan temenku yang mungkin depresi karena dikeluarkan dari tempat kerjanya.

Thursday, January 15, 2009

Detik-detik menjelang Pengumuman CPNS 2008

Sebenernya nih, aku dah lama pengen posting mengenai yang ini. karena sesuai janji saya pada posting yang ini, kalo mau ngabari apakah saya lulus tes CPNS atau enggak. Padahal pengumumannya udah tanggal 20 Desember 2008 kemaren (dah setahun dong). Dan baru sekarang nih bisa ngasih kabarnya.


Sebelum langsung ke point-nya, aku mau cerita sedikit mengenai kronologis pengumuman hasil tes CPNS tersebut ya, mudah-mudahan gak boring ya. Sesuai pengumuman Pemkab Gresik bahwa hasil tes CPNS akan diumumkan tanggal 15-20 Desember 2008. Nah, tanggal 15 Desember 2008 aku coba browsing ke situs resminya www.gresik.go.id tapi belum ada pengumumannya, padahal Pemkab dan Pemkot lain di Jawa Timur sudah ada yang ngeluarin hasil tes CPNSnya. Besoknya aku browsing lagi, tapi masih tetep belum keluar, malah disitu ada info kalo hasil tes CPNS akan diumumkan tanggal 18-20 desember 2008 (pasti ada sesuatu yang gak beres nih, pikirku).


Tanggal 18 Desember 2008 aku coba browsing lagi, tapi masih juga belum keluar tuh pengumuman hasil tes CPNS. Aku coba bersabar, dan berpikir positif ”mungkin diumumkan offline di kantor Pemkab”, kucoba kontak ke salah satu temenku yang tinggal di gresik (kebetulan aku tinggal di surabaya), dan temenku bilang kalo di kantor Pemkab gresik gak ada pengumuman apa-apa.


Aku tidak bisa lagi berpikir positif, yang ada di otakku saat itu pasti ada *tiiiiitttt...* (sensor nih ceritanya), apa susahnya sih koreksi lembar jawaban komputer kayak gitu? Sehari dua hari pasti bisa selesai. Besoknya lagi, tepatnya tanggal 19 Desember 2008 aku coba browsing lagi (kali ini dengan perasaan jengkel, males, dan gak ada semangat lagi), dan ternyata bener! Pengumumannya masih belum keluar juga. Kali ini aku yakin banget, kalo terjadi KKN, titipan, dan segala bentuk kecurangan lainnya di Pemkab Gresik maupun Badan Kepegawaian Daerah Gresik (kali ini gak usah disensor dech..)


Besoknya tepat tanggal 20 Desember, yang berarti batas akhir pengumuman hasil CPNS 2008, aku gak mau lagi browsing, tapi langsung ku datengin ke Kantor Pemkab Gresik, soalnya pengen lihat langsung pengumumannya (kalo dah keluar), dan sekaligus pengen tahu kejanggalan-kejanggalan yang terjadi. Ternyata...


Pengumumannya memang baru keluar hari itu, dan yang lebih buruk lagi namaku gak tercantum di deretan nama-nama peserta yang lolos pada seleksi penerimaan CPNS 2008 tersebut. Aku langsung lemes, geram, marah, lunglai, diem, cemberut, dan macem-macem. Pada akhirnya, aku coba refresh dan berusaha menguasai keadaan (kayak abis pingsan aja). Dalam pikiranku aku mencoba berpikir positif dan mencoba menghibur diri sendiri ”Pasti Allah SWT mempunyai rencana yang lebih besar daripada hanya sekedar menjadi seorang PNS” (maksa banget nghiburnya). Bagi temen-temen lainnya yang juga gak diterima PNS, sabar dan tabah ya... Moga-moga masih ada kesempatan lagi tahun depan.

Wednesday, January 14, 2009

Mengupas sedikit tentang "situs kaya mendadak"

Sekarang kan lagi menjamur tuh, website-website yang mengajak kita untuk jadi member, referal, atau apalah namanya, dan menjanjikan penghasilan luar biasa. Bahkan buanyak juga para guru, sesepuh, atau biasa kita sebut juga master blogger yang mengupas abis segala baik dan buruk situs-situs tersebut. ebooksampah bahkan mencaci maki, mengejek, mengolok-olok dll kepada para admin situs penjual mimpi tersebut.

Saya sendiri sih pernah ikut juga jadi member salah satu situs yang menjanjikan kaya mendadak tersebut (gak usah disebutin aja ya namanya), awalnya sih karena penasaran banget habis sales letternya begitu memikat dan menggoda sih..! hingga akhirnya aku mentransfer uang rokok dan bensin sebulan. Tapi apa yang kudapat...?


Sebenernya 99,99% atau bahkan 100% ilmu yang kita bisa peroleh dari mereka itu sudah ada dan disajikan dengan gratis oleh temen-temen blogger kita sendiri. Kalau kita rajin menyambangi blog-blog temen-temen blogger yang mengulas "make money blogging" pasti kita akan sangat tidak butuh ilmu dari para penjual mimpi tersebut, pasti nyesel abis dech...

Nah, saran saya nih, sebagai pemula, jika kita punya pertanyaan yang bikin sesak dada dan kepala, kita tanyakan saja semuanya ke google. google-lah sumber jawaban segala pertanyaan. Jadi misalnya aja kita pengen tahu gimana caranya cari duit dengan blog kita yang PageRank masih 0, dan minim pengunjung. Maka kita tulis aja di box search Engine-nya google "cari duit dengan blog yang minim pengunjung", pasti google akan dengan senang hati kasih jawaban. Saran saya, buka result google tersebut page 1 sampe 3 aja. Biasanya page 4 ke atas udah di luar servis area (maksudnya gak nyambung gicu..)

Selamat mencoba menyelami keajaiban internet.

Saturday, January 10, 2009

PageRank blogku naik

Setelah sekian lama aku gak nyambangi (jowo banget seh..??) blogku yang satu ini. Maklum koneksi internet di kantor lagi rusak, padahal udah hampir 1 bulan, tapi dasar si teknisi itu gak kunjung berhasil ngaktifin lagi jaringan internenya. (katanya sih, rusak parah karena badai hujan deras campur angin), maklum koneksi internet di kantorku ini pake wireless, dengan antena tinggi mengarah ke telkom (katanya sih gitu, maklum aku gak paham masalah jaringan kayak gini). Mangkanya, mumpung lagi hari sabtu (libur), aku coba ngintip ke warnet sebentar, buat cek email, dan tentunya juga nengok blog firanza.blogspot.com ini.


Tapi ada keajaiban yang terjadi, persis slogan blog ini yang belajar mengenai keajaiban blogging dan internet. Apaan sih..? Kebetulan PC yang kupake ini, ada bar google di mozilla firefox-nya, termasuk banner bar yang nunjukin PageRank pada page yang ditampilkan. Nah, keajaibannya nih, pas aku ngetikkan alamat blog ini, banner barnya warna ijo, yang berarti url tersebut ber-PR. Setelah kucek, ternyata blogku ber-PageRank 2 (fantastis... buat aku). Padahal sebulan yang lalu masih 0

Hampir gak percaya sih, makanya segera kucuk di pagerank.net, ternyata bener blogku PR-nya 2, masih gak percaya nih ceritanya, makanya kucek di tempat lain yaitu di www.prchecker.info, dan masih tetep PR2 juga. Alhamdulillah.. Namun di batinku tetep gak percaya, makanya aku coba cari situs cek PR di google, dan nemu www.iwebtool.com/pagerank_checker, dan ternyata juga masih sama 2. Alhamdulillah lagi.. dan sekarang aku jadi yakin.

Memang sih, buat para blogger yang udah malang melintang, pasti ngetawain tingkah saya di warnet tersebut. (baru PR2 aja udah kayak orang gila lagi kesurupan), Tapi bagiku pribadi, PR2 itu sudah sangat bagus buat aku yang jarang banget update posting. Dan ini mungkin bisa menjadi motivasi bagiku, yang mulai jenuh ngeblog. Dan sebagai darah segar bagi blogku yang udah hampir sekarat.

Dan dengan naiknya PageRank blogku dari 0 ke 2 ini, aku minta doa restu ke temen-temen blogging semua, karena aku berencana ikutan Paid Review. Jadi kalo blog ini bisa diterima SR, Blogsvertise, maupun situs Paid Review yang lainnya, maka saya akan membagi konsentrasi saya ke Paid review, doakan ya nambah penghasilan, maklum anakku tuh udah pinter ngabisin duit bapaknya.

Dan terima kasih tidak lupa saya ucapkan sedalam-dalamnya kepada :
  1. Google, yang telah mengupdate PageRank blog ini.
  2. blogspot/blogger, atas domain dan hosting gratisnya
  3. Alexa, Technorati, pingomatic, dan semua situs blogging tools
  4. Zalukhu, atas tutorial nembak keywordnya.
  5. ecko, atas inspirasinya
  6. Kang Rohman, dan o-om, atas semua free stuff-nya.
  7. Bolasinema dan audy, atas perhatiannya.
  8. Semua blogger indonesia, yang tidak bisa kesebut satu-persatu, thanks you all.
Last but not least (sok inggris banget), ayo nonton MU vs Chelsea tar malem (gak nyambung banget..??). Mari blogger Indonesia saling bersatu untuk saling memberi dan berbagi secara gratis... (lupakan aja situs-situs yang menjanjikan kaya mendadak, itu semua bullshit..)