Pages

Thursday, February 26, 2009

Memulai Google Adsense (Lagi)

Seminggu sudah aku gak nyambangi blogku yang satu ini, bukan karena bosen ngeblog sih (walau rasa bosen ini kadang-kadang ada), tapi aku lagi mau fokus sama mendulang dolar melalui Google Adsense. Ya… mungkin sudah banyak blogger yang udah beranggapan Google Adsense sudah hampir mati karena kebanyakan pengunjung sudah tau mengenai program PPC ini, sehingga tiap ada blog yang berisikan kode ‘Ads by Google’ pengunjung cukup hati-hati agar tidak ngeklik link disitu. (kamu juga seperti itu kan??)



Tapi setelah aku menjadi member adsense-id, yang merupakan forum milik CAN yang dirintis oleh Cosa Aranda (Sang Master Google Adsense) dan terlibat banyak komunikasi disana, buanyak pengalaman, tips, maupun trik Google Adsense disitu, member lain pun ternyata banyak yang masih intens dan rutin mendapatkan penghasilan dengan mengikuti Google Adsense ini. Sehingga timbul keinginan untuk lebih menyeriusi Program Pay Per Click yang satu ini.

Perlu kamu ketahui, Google Adsense ini merupakan program pendulang dollar yang pertama kali aku ketahui dan aku ikuti, kemudian setelah aku mengenal Paid Review dan jual link aku beralih untuk fokus di Program Paid Review dan jualan link tersebut. Tapi kok lama-lama capek juga dengan Paid Review, habisnya kerjanya lumayan menguras pikiran (Maklum English-ku jelek banget, jadi butuh tenaga lebih untuk menerjemahkan sendiri).

Jadi sekarang aku mau nyoba lagi mengadu nasib lagi untuk serius dalam program Google Adsense ini, karena Google Adsense ini merupakan ‘Passive Income’, yang maksudnya tanpa melakukan apapun duit akan terus mengalir (kalo ada yang ngeklik), beda dengan Paid Review yang ‘Active Income’, artinya kita dibayar sesuai dengan kerja kita.

Bagi temen blogger lain yang mau memulai kembali mendulang dollar lewat Google Adsense, mari kita mulai bersama, sambil terus sharing tips dan triknya, karena saya masih nubie banget masalah GA ini. Oke, kalo ada yang punya tips atau trik jitu (tanpa fraud click) tolong saya dikasih tau lewat kolom komentar ya… Thanks b4

Friday, February 20, 2009

Cara ngecek ke-valid-an Domain

Ngelanjutin cerita yang kemaren, tapi sebelumnya saya ingatkan, ini hanyalah alternative untuk mendapatkan PR blog secara instant, karena kebanyakan blogger tuh males (maksudnya Cuma saya yang males lho…), saya tuh pengennya dalam waktu sesingkat-singkatnya mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya, hehehe (kayak hokum ekonomi aja)

Tapi saya sangat2 menganjurkan sebelum membeli, tolong dicek benar2. Karena disitu buanyak beredar domain-domain yang forged, dan bahkan fake. Bahkan walaupun disitu tertulis kalo domain tersebut valid, tapi sangat-sangat mungkin kalo domain tersebut forged, atau bahkan fake.


Cara mengecek:
  1. Cek di http://checkpagerank.net
  2. Cek di www.digpagerank.com
  3. Setelah dicek melalui kedua cara di atas tetep valid, jangan langsung percaya. Coba lagi lewat: www.google.com dan ketikkan pada box search engine :
  4. ketikkan info:www.namadomainkamu.com, kalo nama blog dan URL yang tertera pada hasil pencarian adalah bener URL / domain yang akan kamu beli, berarti domain tersebut bener-bener valid. 
Cara lain untuk tiap blogger mungkin berbeda-beda, tapi biasanya yang saya gunakan ya cara seperti tersebut di atas.

Apalagi yang kurang ya…, Mungkin segitu dulu, maaf kalo kurang mendetail atau gak ada screenshotnya, karena lagi lambat2 nya koneksi nih, jadi menghemat memori banget. Dan juga waktu nulis ini asal nulis yang ada di pikiran saya, jadi mungkin gak terkonsep, kalo ada pertanyaan mending kita bahas di kolom komentar aja yach…

Wednesday, February 18, 2009

Beli Domain berPR (ngelantur kemana-mana)

Dari postingan saya sebelumnya, ada banyak pertanyaan mengenai cara ngedapetin domain berPageRank. Tapi setelah aku konsultasi sama temenku yang berkutat dengan jualan domain berPR alias punya lapak, dan dia bilang agar tidak dipublikasikan (padahal banyak temen blogger lain yang udah mublikasikan), makanya kuurungkan niat saya ini. Tetapi sebagai bocoran aja, kalo serius pengen lelang domain berPR, kamu bisa daftar jadi member tdnam.com atau godaddy auctions (sama aja).

Kalo usaha sendiri (jadi member auctions) tsb, bisa ngedapetin domain berPR 3 seharga kurang dari $15, itupun sudah termasuk biaya renewal 1 tahun. Tapi kalo kamu beli dari forum, misalnya: adsense-id.com kamu bisa beli domain berPR 3 dari para penjual domain berPR seharga $20-$30 (belum termasuk renewal/ tergantung kebaikan penjualnya). Tapi untuk menjadi member tdnam.com harus membayar $4.5 pertahun.

Itulah sebagai gambarannya.

Disini saya sangat-sangat menganjurkan blogger untuk ikutan forum-forum seperti: adsense-id.com, adsense-sby.com, atau forums.digitalpoint.com. Saya menjamin, akan banyak sekali ilmu, pengalaman, dan apapun yang dibutuhkan publisher (kayak kita2 ini) disini.

Kamu bisa tukeran link, jualan link, komunikasi sama advertiser, beli domain berPR, jual domain, dan segala aktivitas lainnya, bukannya iklan nih, tapi sejak saya bergabung di forum tersebut, saya mendapatkan banyak ilmu disana.

Wah, kok jadi ngelantur kemana-mana, maklum nulisnya tanpa konsep, asal yang ada di kepala aja. Kalo ada yang mau sharing tentang masalah ini, kita diskusikan di komentar ya…

Saturday, February 14, 2009

Pengen serius mendulang dolar? "NICHE" jawabannya

Maaf kali ini, aku mengulas lagi tentang paid review dan jualan link, karena menurutku para blogger kebanyakan memilih dua program monetization blog tersebut, selain google Adsense. Apakah kamu punya keinginan atau udah menekuni dua mata pencaharian blogger dari sekian banyak mata pencaharian blogger yaitu paid review dan jualan link? Jika jawabannya iya, maka aku punya sedikit saran lagi, apa itu??


Dari beberapa blog yang aku buat (yang berbahasa inggris), yang sering mendapat job review, ataupun job untuk dipasangkan link adalah blog yang mempunyai niche tertentu, bukan yang general, kayak blogku yang ini. Karena advertiser lebih suka dengan blog yang niche-nya spesifik dan sesuai dengan kategori milik advertiser tersebut, terutama untuk jualan link (maaf sekali lagi, aku gak bisa ngasih URL blog englishku, terlalu ekstrem untuk orang indonesia, hehehe...).



Niche yang sering mendapat job (advertiser banyak di niche tersebut) adalah : business, health, travel, dan technology. Bahkan jika kamu berani niche entertainment seperti gambling, casino, bet, pun banyak yang dicari oleh advertiser. jadi, kamu kalau berniat serius mendulang dolar di internet, kayaknya kamu kudu punya blog yang mempunyai niche spesifik.



Niche itu apa sich? MUngkin ada sedikit blogger yang gak tau apa itu niche. Jadi niche itu suatu pasar atau tema suatu blog, tapi lebih spesifik, suatu gambaran :



tema : make money blogging
niche : make money with paid review

tema : healthy
niche : healthy with 'senam tera'

dan sebagainya...



Jadi segera buat blog berbahasa inggris dengan niche yang spesifik mulai sekarang, lebih menghemat waktu dan tenaga lagi, kalo kamu beli domain berPageRank, untuk cara ngedapetinnya mungkin aku akan bahas kapan-kapan, kayaknya postingan ini sudah banyak, takut yang baca males.

My Eyes's friend is The Glass

I had worn the spectacles since being 19 years old, and until now, I have often changed frame, the lens, or both. But because I was the type of the person who found it easy bored, so I did not yet feel satisfied with the spectacles models that i had worn.

At one time, when I wanted to look for and plan to buy the spectacles, then I browsing in the internet, there were plenty of newest models that were sold in several sites in the internet, but I did not find the model that in accordance with my wish. Finally, I found interesting information about Zenni Optical in the New York Times?!, and more again amazing, because in this information was named that Prescription eyeglasses for only $8!, Ooo.. it's the cheapest prize that i have found. then immediately I headed towards this site.

And evidently indeed plenty of models that were good, quality, and of course cheap prize. I think that's the one that i was looked for and i wanted, because in this way I could Seeing Straight Without Breaking Bank. From the list of the available spectacles in this site, I most liked the model frame #4933, because i think if I wore this spectacles, I will be seen clever, genius, and of course handsome, hehe..

Thursday, February 12, 2009

Trik manjur jualan Link

Kamu pernah nyoba ikutan program-program pendulang dolar melalui beberapa broker jualan link tapi belum pernah dapet job untuk masang link? Jika jawabannya iya, berarti sama kayak nasib blog ini. Belum pernah dapet job masang link, sejak ikutan Ask2link 3 bulan lalu. Tapi untungnya nasib blog ini tidak diikuti oleh saudara-saudaranya (sori terpaksa disembunyiin, karena saudara satunya Cuma untuk nyari duit aja, dan bukan konsumsi orang Indonesia).


Sebenernya, advertiser yang gemar beli link itu kebanyakan orang bule. Orang Indonesia sih juarang banget, mungkin sifat orang Indonesia yang terlalu perhitungan itu ya. Karena yang beli kebanyakan orang bule, maka biasanya advertiser tersebut kebanyakan juga lebih suka masang link ke blog yang berbahasa bule juga, walaupun ada juga blog-blog berbahasa Indonesia yang berhasil dapet job (mungkin statistik blog mereka yang beruntung ini sangat-sangat hebat (mulai PageRank, Alexa, dll).

Tapi kalau kamu punya blog English, tapi belum pernah dapet job masang link juga, (dari broker link) padahal blog kamu tersebut dah punya PageRank (minimal 2), berarti ada sesuatu nich. Aku punya trik yang mungkin bisa kamu coba. Kamu bisa coba untuk jemput bola. Lho kok jemput bola, emangnya Wayne Rooney yang gak suka nunggu bola, tapi lebih suka menjemput dan mencari bola?? Kok jadi ngelantur sich??

Jadi maksudnya, kita cari advertiser sendiri, disamping hasil yang kita peroleh lebih gede (tanpa dipotong broker), juga kita bisa melakukan komunikasi intens dengan advertiser (siapa tau bisa jadi langganan, hehehe…), enak kan, punya kenalan advertiser, apalagi advertiser yang berduit, dan gampangan ngeluarin duit.

Cara ngedapetin kenalan advertiser gimana? Kita bisa ikutan forum-forum seperti adsense-id, adsense-sby, forums.digitalpoint, atau forum-forum lainnya. Disitu kamu bisa nyari thread yang namanya trade. Ada buanyak thread-thread lagi di dalam trade tersebut, untuk mencari advertiser yang mau beli link, ada awalan yang artinya ‘Want to Buy’. Sedang untuk yang berawalan artinya ‘Want to Sell’ berarti itu publisher yang mau jualan space untuk dipasangi link, ataupun mau jualan domain berPR, dan jualan lainnya tinggal dilihat di trade part yang mana?

Jadi kalo kamu pengen jual link, berarti kamu harus buka thread berawalan tersebut dan coba baca requirements-nya dan kalo cocok bisa nawarin blog kamu dengan me-reply, tapi kalo kamu mau buat thread sendiri, juga bisa, asal diawali dengan lho ya. Trus tunggu ada yang tertarik gak, trus tinggal nego aja sampe ketemu harga yang cocok, enak kan??

Mau coba jemput bola??

Kelebihan dan Kekurangan Paid Review VS Jualan Link

Paid Review dan jualan link adalah dua mata pencaharian blogger yang paling menjanjikan saat ini. Dari dua program tersebut, tak heran banyak blogger yang bisa beli motor, mobil, atau bahkan rumah, (hebat banget blogger…), kalo saya sih cukup untuk makan sehari-hari aja. Kali ini saya akan mengulas sedikit perbedaan, kelebihan, maupun kekurangan dari dua program ‘wajib’ blogger matre tersebut.

Oke cukup ya intermezzo-nya, langsung kita mulai aja dech… Kalo di Paid review, kita harus memeras otak dan keringat buat browsing sana-sini nyari ide dan inspirasi, agar review yang kita buat, bisa memuaskan advertiser. Sedangkan hasilnya untuk blog PR3 sekitar $7 - $15 (kalo nasib lagi mujur, kadang-kadang bisa lebih), untuk PR 4 di atasnya dikit.

Sedangkan kalo di jualan link, gak perlu susah-susah mikir, gak perlu capek-capek nyari info sana-sini, cukup pasang link-nya advertiser, lamanya terserah yang mereka minta, dan harga pun bisa bervariasi. Untuk satu link di blog PR 3, paling kecil $2 perbulan, biasanya advertiser minta dipasangkan 3 link dalam satu blog. Berarti dari satu advertiser kita bisa meraup $6 perbulan, itu perhitungan paling minimal lho. Oh iya… Sekedar info lagi, untuk satu domain, advertiser tidak ingin terlalu banyak link advertiser lain pada satu blog, biasanya 12 link udah maksimal.

Pada umumnya, hasil dari Paid review emang lebih besar daripada jualan link, karena emang lebih berat sich kerjanya. Tapi adakalanya kalo advertiser itu suka banget sama blog kamu (apalagi statistiknya), advertiser biasanya berani bayar mahal untuk minta dipasangkan link ke blog kamu, jadi jualan link jangan dianggap remeh, n Cuma ngumpulin receh lho…

tapi saran saya untuk paid review, buat review yang senatural mungkin, sehingga pengunjung mengira itu postingan kita (emang postingan kita, masak embah kita), maksudnya itu bukan review berbayar, gitu…. Untuk jualan link, saran saya nyari yang mau dipasangkan link-nya 3 bulan sampai setahun sekalian, karena PR blog kita hari ini bisa berbeda dengan PR blog kita bulan depan lho… Lagian, duit cashnya lebih gede, hahaha…

Sedihnya nih, Dua program itu paling dibenci, dimurkai, dan di di yang lain sama mas google. Mas Google gak segan-segan nggebukin PR kita hingga melorot drastis, bahkan mas google pun tega ngusir kita dari area PR alias PR blog kita N/A. Sedih banget kan kalo kita ngalami itu semua. Timbul saran lagi nih, mumpung PR blog kita lagi tinggi-tingginya, ikuti saja program cari duit tersebut dua-duanya, cari job review, dan cari yang mau beli link sebanyak-banyaknya, biar kalo PR kita turun, kita sudah untung banyak. Mau coba,…?

Maaf nulisnya tanpa konsep, apa yang ada di pikiran langsung saya ketikkan, jadi kalo kurang enak dibaca, mohon maklum ya. mending kita diskusikan di kolom komentar aja ya?!!


Thursday, February 05, 2009

Puisi Cinta Untuk Advertisers

Duhai Para Advertiser
Terima kasihku untuk bintang-bintangmu
Yang kau tebarkan di malam gelapku
Kau sisipkan di balik semua harapan


Wahai Para Advertiser
Kau tegakkan kembali
Lututku yang hampir menyentuh bumi
Kau hadirkan lagi
Senyum yang hampir mati


Terima kasih Advertiser
Walau Bahasa Indonesia adalah hidup mati kami
Walau Alexa yang gendut adalah sahabat kami
Walau PageRank ’bebek’ adalah teman akrab kami
Kau tetap tak peduli


Kami bangga padamu Para Advertiser
Kami selalu siap mendukungmu, menjagamu,
Membelaimu, memelukmu hingga kau terlelap

Tuesday, February 03, 2009

Keajaiban Bersyukur

Baru kali ini aku bisa memaknai arti syukur yang sebenarnya. Ilham ini aku dapatkan (kayak pujangga aja) saat aku berkunjung ke kantor pusat tempatku bekerja (selama ini aku bertempat di kantor cabang) karena diberi tugas bos untuk membantu disitu untuk beberapa hari karena kantor pusat lagi kekurangan pegawai.

Karena sudah lama gak berkunjung kesana, makanya aku kaget banget karena suasana sudah banyak berubah (kok jadi ngelantur nyeritain kantor sih?? Terus ilham dan wangsit yang diterima itu kayak apa??) Sori... sori.. ini karena aku emang kebanyakan nonton acara gosip ketularan temen kantorku


Jadi secara gak sengaja waktu jalan-jalan lihat suasana baru kantor, aku dipanggil sama seseorang, setelah kutengok dari kejauhan, ternyata Cleaning Service, tapi kok tahu namaku? Kucoba dekati dia, Yaa Alloh aku terhenyak gak percaya.. Dia temen kuliahku dulu, satu kampus beda jurusan, temen maen bola kalo sore, tetangga kos-kosan. Dan dia sekarang jadi Cleaning Service. Kutanya kabar dan keadaan seperti biasa ketemu temen lama nyaris tanpa menyinggung pekerjaannya, tapi tanpa kutanya, dia malah cerita sendiri.

”Aku sudah ngelamar kerja kemana-mana, gak ada yang mau nerima, padahal IPK-ku gak jelek-jelek amat walau di bawah 3,00 tapi masih di atas 2,8. Sudah hampir 30 lamaran aku kirimkan ke perusahaan, hanya ada 9 yang memanggil, itupun berhenti sampai tes ke-2 aja. Sudah hampir 2 tahun aku nganggur, terpaksa jadi Cleaning Service daripada para tetanggaku sumpek lihat aku”.

Sungguh, aku baru tersadar, kayak terbangun dari mimpi. Gimana nggak?? Aku yang udah bekerja dengan situasi dan kondisi yang jauh lebih baik dari dia, masih saja suka menggerutu, pengen gaji naik, pengen fasilitas lebih, pengen kerja di perusahaan laen yang lebih bonafid, dan pengen yang laen-laen. Sama sekali gak ada rasa bersyukur dengan keadaanku tersebut.

Setelah mendengar cerita, dan melihat keadaan temenku tersebut, kekufuran nikmat yang hinggap di diriku tersebut lenyap, berganti rasa syukur yang tak terhingga, terima kasih sebesar-besarnya kepada Alloh SWT yang telah memberikan rizki dan keadaan lebih baik dari temenku tersebut. Terima kasih teman, kau telah menyadarkanku.