Kelebihan dan Kekurangan Paid Review VS Jualan Link

Paid Review dan jualan link adalah dua mata pencaharian blogger yang paling menjanjikan saat ini. Dari dua program tersebut, tak heran banyak blogger yang bisa beli motor, mobil, atau bahkan rumah, (hebat banget blogger…), kalo saya sih cukup untuk makan sehari-hari aja. Kali ini saya akan mengulas sedikit perbedaan, kelebihan, maupun kekurangan dari dua program ‘wajib’ blogger matre tersebut.

Oke cukup ya intermezzo-nya, langsung kita mulai aja dech… Kalo di Paid review, kita harus memeras otak dan keringat buat browsing sana-sini nyari ide dan inspirasi, agar review yang kita buat, bisa memuaskan advertiser. Sedangkan hasilnya untuk blog PR3 sekitar $7 - $15 (kalo nasib lagi mujur, kadang-kadang bisa lebih), untuk PR 4 di atasnya dikit.

Sedangkan kalo di jualan link, gak perlu susah-susah mikir, gak perlu capek-capek nyari info sana-sini, cukup pasang link-nya advertiser, lamanya terserah yang mereka minta, dan harga pun bisa bervariasi. Untuk satu link di blog PR 3, paling kecil $2 perbulan, biasanya advertiser minta dipasangkan 3 link dalam satu blog. Berarti dari satu advertiser kita bisa meraup $6 perbulan, itu perhitungan paling minimal lho. Oh iya… Sekedar info lagi, untuk satu domain, advertiser tidak ingin terlalu banyak link advertiser lain pada satu blog, biasanya 12 link udah maksimal.

Pada umumnya, hasil dari Paid review emang lebih besar daripada jualan link, karena emang lebih berat sich kerjanya. Tapi adakalanya kalo advertiser itu suka banget sama blog kamu (apalagi statistiknya), advertiser biasanya berani bayar mahal untuk minta dipasangkan link ke blog kamu, jadi jualan link jangan dianggap remeh, n Cuma ngumpulin receh lho…

tapi saran saya untuk paid review, buat review yang senatural mungkin, sehingga pengunjung mengira itu postingan kita (emang postingan kita, masak embah kita), maksudnya itu bukan review berbayar, gitu…. Untuk jualan link, saran saya nyari yang mau dipasangkan link-nya 3 bulan sampai setahun sekalian, karena PR blog kita hari ini bisa berbeda dengan PR blog kita bulan depan lho… Lagian, duit cashnya lebih gede, hahaha…

Sedihnya nih, Dua program itu paling dibenci, dimurkai, dan di di yang lain sama mas google. Mas Google gak segan-segan nggebukin PR kita hingga melorot drastis, bahkan mas google pun tega ngusir kita dari area PR alias PR blog kita N/A. Sedih banget kan kalo kita ngalami itu semua. Timbul saran lagi nih, mumpung PR blog kita lagi tinggi-tingginya, ikuti saja program cari duit tersebut dua-duanya, cari job review, dan cari yang mau beli link sebanyak-banyaknya, biar kalo PR kita turun, kita sudah untung banyak. Mau coba,…?

Maaf nulisnya tanpa konsep, apa yang ada di pikiran langsung saya ketikkan, jadi kalo kurang enak dibaca, mohon maklum ya. mending kita diskusikan di kolom komentar aja ya?!!


Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Kelebihan dan Kekurangan Paid Review VS Jualan Link"

ugiQ said...

blog saya blum laku om utk kedua program tsb... hehehe....

Andika said...

saya sih lebih tertarik ke paid review kayaknya..cuma ya sama aja bohong, blog saya rank-nya masih nol hehehe...

audy said...

iya ni, sekitar brapa bulan ni mas, mpe gugel update pr nya?

teguhyulianto said...

siiip, saya juga lagi nyoba keduanya.
kalo payperpost sih udah bayar, and oke punya.
truss kalo yg jual link, ak br daftar kemaren,
masih sambil belajar.