Kelebihan dan kekurangan Blogspot dan Wordpress



Sebelumnya, aku mohon maaf banget buat temen-temen, yang udah beberapa kali ngunjungi blog ini dalam keadaan tetep kayak kemaren2 alias belum di-update. Maklum, lagi sibuk2nya belajar blog di wordpress, pake domain dan hosting gratis. Sehingga saking seriusnya, kayaknya gak ada ide ataupun keinginan untuk posting (bilang aja emang lagi males, dasar...). Hal ini pula yang bikin alexa rank blog ini turun lagi.

Namun di balik itu, Aku semakin paham tentang CMS yang satu ini. Maklum aja, si wordpress ini salah satu CMS yang tangguh, dan selalu berkembang dari waktu ke waktu, karena pluginnya selalu ada yang baru. Dan asyiknya lagi, si WP ini bisa diinstall di PC kita. Sehingga kita bisa buat blog dulu secara offline, setelah jadi selanjutnya tinggal install aja di hosting kita.

Tentang kelebihan dan kekurangan si WP dibanding BP (blogspot),itu :

  • Kalo kita biasa pake MS word untuk buat posting, maka kalo kita copy paste-kan ke kolom buat posting pada wordpress akan langsung terformat sesuai dengan yang ada di MS word tadi, sedangkan di BP masih harus utak-utik sana-sini.
  • WP harus pake hosting sendiri (bukan nebeng di .wordpress.com) kalo mau nampilin adsense, karena bakalan di suspend oleh pihak WP, sedangkan si BP lebih bebas dan fleksibel.
  • WP lebih SEO friendly karena ada pluginnya (ada plugin sitemap.xml) juga, (bagi WP dengan domain dan hosting sendiri lho...) yang biasa digunakan robot google untuk mengidentifikasi blog kita. Di BP setahu saya gak bisa pake sitemap.xml
  • BP bisa dipake untuk hosting bagi penggunanya dengan gratis, dan unlimited bandwith. Sedangkan kalo mau hosting di WP harus bayar $10 per tahun
  • Fitur pada WP bisa diatur sesuai keinginan kita, karena buanyak sekali plugin yang tersedia (ini juga bagi WP dengan domain dan hosting sendiri, kalo nebeng di wordpress.com tetep standar). Sedangkan BP standar, gak bisa ditambahi fitur apa-apa.
  • Google lebih suka BP dalam hal menaikkan PageRank, tapi lebih suka WP dalam hal SEO. (menurut temen-temen blogging kalo yang ini, dan ini juga bagi WP berdomain dan hosting sendiri, karena ada plugin SEO tersendiri)
  • BP lebih mudah dipahami, tidak perlu pengetahuan khusus (cocok bagi pemula), sedang WP lebih expert dan relatif susah dalam hal instalasi, bagi WP dengan domain dan hosting sendiri.
  • Theme atau template BP bisa diganti sesuai keinginan kita, dengan template blogspot, sedangkan WP yang nebeng di wordpress.com sudah disediakan, dan tidak bisa diganti dengan custom theme. Kecuali kalo pake domain dan hosting sendiri (dari tadi kok domain dan hosting sendiri terus sih...)
Oke dech. sementara itu dulu, keunggulan dan kelemahan BP dan WP, kapan-kapan disambung lagi. Bagi saya kedua penyedia blog gratis ini mempunyai kelebihan sendiri-sendiri. Jadi tak bisa dibandingkan, menurut beberapa temen blog waktu blogwalking beberapa waktu lalu, pengguna WP lebih sombong daripada pengguna BP, hal itu wajar karena WP lebih susah dan lebih expert kalo pake domain dan hosting sendiri yang biasanya berbayar itu.jadi kayaknya ada gengsi tersendiri. Kabar gembiranya, Bagi para blogger yang pengen pake WP yang expert, ada domain dan hosting yang gratis yang bisa dipakai untuk belajar WP, mungkin lain kali saya akan membahasnya lebih lanjut.

Terlepas dari itu semua, bagi pengguna WP tidak boleh menjelek2-an BP, begitu pula sebaliknya. Kalo menurut aku, bagi para pengguna BP, belajar WP itu bagus untuk menambah pengetahuan ngeblog. Dan bagi para pengguna WP, BP jangan hanya digunakan sebagai blog dummy, yang hanya untuk menambah exchange link. Bagi ada yang mau kasih uneg2 atau mungkin mau nanya2 masalah BP maupun WP, bisa langsung utara'in aja di kolom comment di bawah ini.

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Kelebihan dan kekurangan Blogspot dan Wordpress"

Anonymous said...

jasi ini masih blogspot ya? hehehe

Anonymous said...

Kalo bagi saya sih tetep unggul Blogspot/Blogger. Kenapa? Akhir2 ini sering kita denger blog WP yg kena deface. Ada gak kita denger blog di Blogger yg kena deface? Belum ada kan? Hehehe...

Anonymous said...

Kalo saya sampai saat ini masih suka ama blogger alias blogspot. Oya, mau nambahin. Kelebihan lain dari WP yaitu pada form kotak komentarnya yang lebih simpel, walau harus ngisi alamat email. Trus bisa langsung ketik simbol emoticon yang akan langsung muncul. Gak kayak blogspot yg kadang suka gak tampil emoticonnya. Malah seringnya cuma tampil kode manual-nya :-(